Hepatits B Traveller’s Guide

Hepatitis B (Hep B) Apa itu hepatitis B dan seberapa serius penyakit itu? Beberapa jenis

Hepatitis B (Hep B)

Apa itu hepatitis B dan seberapa serius penyakit itu? Beberapa jenis virus hepatitis dapat menginfeksi hati. Artikel ini tentang hepatitis B (Hep B).

Hepatitis B adalah masalah kesehatan di seluruh dunia dengan 350 juta orang diperkirakan terinfeksi. Di negara-negara berisiko tinggi, 8% atau lebih dari populasi dapat terinfeksi. Area berisiko tinggi termasuk Afrika sub-Sahara, sebagian besar Asia dan sebagian wilayah Amazon, tetapi perawatan disarankan di semua negara. Orang-orang sering memahami bahwa melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi, atau berbagi peralatan suntikan narkoba dapat membuat mereka berisiko terkena hepatitis B. Namun para pelancong harus menyadari bahwa apa pun yang membuat mereka melakukan kontak dengan darah, atau cairan tubuh lain, dari suatu orang yang terinfeksi adalah risiko termasuk:

  1. Memiliki tato, tindik badan atau akupunktur dengan peralatan yang digunakan kembali atau tidak bersih
  2. Berbagi pisau cukur atau sikat gigi
  3. Bermain olahraga kontak jika ada cedera
  4. Membantu seseorang yang terluka
  5. Memiliki perawatan medis atau gigi di negara-negara di mana peralatan tidak disterilkan dengan benar
  6. Memiliki transfusi darah di beberapa negara

Virus hepatitis B mampu bertahan hidup di luar tubuh setidaknya selama seminggu dan 100 kali lebih menular daripada HIV. Wisatawan harus berhati-hati untuk menghindari kegiatan berisiko tinggi dan mempertimbangkan vaksinasi jika mereka berisiko.

Gejala-gejala hepatitis B?

Hepatitis B dapat memakan waktu beberapa bulan untuk berkembang. Umumnya gejala muncul sangat bertahap. Orang yang terinfeksi mungkin merasa mereka menderita flu, tetapi orang lain, terutama anak-anak mungkin tidak memiliki gejala sama sekali.

Gejala dapat meliputi:

  1. Penurunan berat badan
  2. Merasa sakit
  3. Sakit di perut kanan atas
  4. Merasa sangat lelah
  5. Penyakit kuning dapat berkembang, membuat kulit dan mata putih tampak kuning.

Penyakit kuning adalah gejala masalah hati dan disertai dengan penggelapan urin seseorang dan keringanan fesesnya pada infeksi hepatitis B. Tidak semua orang mengalami gejala infeksi hepatitis B. Terkadang hanya terdeteksi melalui tes darah. Beberapa orang tidak membersihkan infeksi dari darah mereka. Ini disebut hepatitis B kronis dan dapat menyebabkan penyakit hati progresif, jaringan parut hati (sirosis) atau kanker hati.

Apa yang harus dilakukan jika Anda khawatir bahwa Anda menderita hepatitis B

Anda harus mencari perhatian medis jika Anda melihat salah satu tanda dan gejala hepatitis B atau Anda pikir kegiatan Anda mungkin telah menempatkan Anda pada risiko. Jika seorang perawat perjalanan telah memberi tahu Anda bahwa vaksinasi hepatitis B direkomendasikan untuk Anda, tidak ada keraguan bahwa rencana perjalanan Anda membuat Anda berisiko terkena hepatitis B. Jika mereka mengatakan Anda harus mempertimbangkan vaksin hepatitis B, Anda perlu mempertimbangkan risikonya. dan biaya vaksin terhadap potensi risiko hepatitis B. Banyak orang memilih untuk tidak mengambil risiko dengan kesehatan mereka.

Saran perawat kesehatan perjalanan didasarkan pada:

  1. Informasi terkini tentang apakah hepatitis B merupakan masalah di tempat Anda bepergian
  2. Kesempatan Anda untuk berhubungan dengan hepatitis B
  3. Fasilitas medis tersedia jika Anda terinfeksi
  4. Durasi tinggal Anda

Idealnya, atur vaksinasi Hep B Anda setidaknya dua bulan sebelum bepergian di tempat suntik meningitis. Vaksinasi hepatitis B dapat diberikan sendiri atau dikombinasikan dengan hepatitis A. Vaksin yang berbeda memiliki jadwal dosis yang berbeda, tetapi mereka umumnya melibatkan tiga dosis sebelum Anda bepergian. Vaksin hep B yang berbeda tersedia untuk orang dewasa dan anak-anak. Seorang ahli perawat kesehatan perjalanan akan dapat memberi tahu Anda versi vaksin hepatitis B mana yang cocok untuk Anda. Bergantung pada jadwal vaksinasi mana yang digunakan, dosis booster dapat direkomendasikan pada satu tahun dan lima tahun untuk kekebalan hepatitis B jangka panjang.

Perlindungan hepatitis B: ringkasan tindakan yang harus diambil

Idealnya, dapatkan vaksinasi setidaknya dua bulan sebelum Anda bepergian

Ambil paket jarum steril jika Anda pergi ke suatu daerah di mana perawatan kesehatan mungkin dasar

Gunakan kondom dan praktik seks yang aman